PascalPemrograman

Tipe Bentukan Array Pada Pascal #44

andrypein.net : Awalnya, aang hanya memiliki kekuatan pengendali angin saja, namun karena negara api menyerang kepala aang hampir sama dengan icon-icon DOWNLOAD.

Sebenarnya bagian ini (array) memiliki bahasan tersendiri yang akan saya bahas di bab array entar.

Namun yang ini hanya mengenal saja dan tidak akan dibahas secara spesifik dan mendalam karena bab sekarang hanya mengenal tipe bentukan saja.

oke kita langsung saja okeh?

sabdanya seperti ↓

Tipe array merupakan tipe yang terdiri atas nila-nilai tipe data yang sejenis,berbeda dengan record yang tipe datanya bisa sejenis bisa juga tidak.

Untuk membentuk tipe array kita perlu menyertakan banyaknya elemen yang akan didefinisikan dengan cara menuliskannya di dalam tanda []. berikut adalah bentuk umum pendeklarasian array.

NamaArray = array[batas_minimum..batas_maksimum] of
  tipe_data;

Contoh:

type
  TContohArray = array [1..10] of integer;
{menggunakan tipe array untuk mendeklarasian variabel}
var
  A:TContohArray;

Nah penjelasannya berarti kita mendefinisikan tipe TContohArray yang berisi 10 buah elemen array yang bertipe data integer dimana indeksnya dimulai dari nilai 1. Selanjutnya kita mengakses nilai array tersebut melalui indeksnya,seperti berikut ini :

  A[1]:=25;
  A[2]:=98;

Sekian pengenalan tipe bentukan arraynya, untuk bahasan tersendiri bagian array terpostingkan di posting yang akan datang.

Semoga bermanfaat artikel tipe bentukan array pada pascal ini.

*AFK

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button