Pemrograman

Code Thypon 2.8 Lazarus FreePascal #212

Bahwasanya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa

andrypein.net : Ini yang keren, amat sangat open source, yang dulu bernama lazarus freepascal.

Penjelasannya begini :

CodeTyphon is the FREE “Pascal Visual Programming Studio”,for Cross-Platform Native Development,with Multi-OS, Multi-CPU and Cross-Build abilities.Has Lazarus+FreePascal+Tools+Free Components packages+Free Libraries and all these with full source and samples.

CodeTyphon programming distribution is completely free of cost for you to enjoy and share.

We believe we should use and distribute the software and content we promote to accomplish our mission of advancing free software.

We provide free alternatives to proprietary code and content to make CodeTyphon completely free and redistributable for everyone.

That way, anyone can use any of our work for their own purposes, without legal hassles, to further spread free software.

CodeTyphon has been designed to be simple to operate yet powerful enough to fulfill all your professional programming needs.

We’ve added many new features to CodeTyphon over the course of its development.

Our focus is on delivering power and usability at the same time and making your software development enjoyable without overloading your senses.

We intend to continue improving and stabilizing CodeTyphon to give you the best programming experience possible.

We hope you will have a good time using CodeTyphon.

If not, please help us make it better by reporting bugs and suggestions to our Forums.

This Project is licensed as: Freeware.

translet nya : . . . . .

“Code Typhon adalah Studio Pemrograman Visual Pascal – seperti Delphi – namun gratis. Yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi Native Cross-Platform, dengan kemampuan Multi OS, Multi CPU, dan Cross-Build.
Code Typhon adalah paket yang terdiri atas Lazarus + Freepascal + Tools, paket komponen-komponen gratis, dan pustaka-pustaka gratis, dan ini semua disertai dengan kode sumber penuh dan contoh.
Code Typhon didistribusikan secara gratis sepenuhnya bagi Anda, baik untuk dipakai sendiri atau dibagikan…”

Dari cuplikan penjelasan di atas, dengan Code Typhon memungkinkan bagi kita untuk membuat aplikasi yang:

– Native. Native (yang dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan: alami) disini bermakna, bahwa hasil kompilasi adalah file binary/executable yang langsung bisa dijalankan oleh sistem operasi atau yang tidak membutuhkan “penerjemah” atau virtual machine  seperti halnya hasil kompilasi Java – yang disebut java bytecode – yang membutuhkan JRE untuk bisa dijalankan sistem operasi.

– Cross Platform, bermakna bahwa dari satu kode sumber, memungkinkan dikompilasi untuk berbagai lingkungan. Misalkan jika Anda menuliskan kode sumber dalam lingkungan Windows, maka kode sumber tersebut dapat dikompilasi langsung di linux dan tanpa perubahan apapun (tentunya apabila program Anda tidak mengakses library yang spesifik untuk windows, misalnya Windows API)

– Multi OS,  ini adalah perincian dari sifat Cross Platform. Artinya memungkinkan untuk dikompilasi untuk berbagai sistem operasi

– Multi CPU, artinya memungkinkan untuk kode sumber dikompilasi untuk target spesifik processor yang berbeda-beda

– Cross Build, artinya memungkinkan untuk kode sumber dikompilasi dengan target sistem operasi yang berbeda dengan sistem operasi compiler.

Jadi misalkan dalam proses development Anda menggunakan Windows, Anda dapat mengkompilasi kode sumber langsung (saat di Windows) menghasilkan output binary untuk sistem operasi linux.

sumber Lazarus Freepascal Codetyphon dengan perubahan.

*AFK

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button