Setup

Kombinasi Nginx HHVM Memang GG #331

Black swan tidak berwarna putih

andrypein.net : Pemilihan webserver untuk sebuah website merupakan kehendak pemilik situs, klien, webmaster, kebetulan saya nge sys-admin sebagai sampingan.

Artikel ini bukan untuk menjelek2an program, karena saya udah nyobain mereka2.

Setelah ngoprek sana sini berkutat kecimpung dalam mencari kemistri untuk sebuah performa yang jos bagi sebuah wordpress (misal), Akhirnya saya coba kombinasi nginx hhvm ini di production site.

Berawal dari si bulu indian (apache), run wordpress tes tes an, OMG hello cpu resources habis dan ram habis pula alhasil akses website LEMOT PARAH.

Saya tinggalkan apache, lalu beralih ke nginx + php-fpm, yang ini fast and strong juga namun mesti tuning lagi agar si proses fpm nya stabil dan tidak makan terlalu banyak resources CPU.

Entah sayanya juga yang bego karena meracik setingan parameter yang manakah yang jos gitu untuk si PHP-FPM. Namun overall dia jos juga karena nginx memang pasangannya si php-fpm (untuk php).

Akhirnya saya coba mesin php milik facebook yang bernama HHVM, dari singkatan namanya juga udah lucu, (Hip Hop Virtual Machine).

Ok Saya install si hip hop dan wah banget hasilnya.

Si hiphop kecil bgt makan cpu ama ram nya, ni site kalo beneran online bisa handle jutaan traffic nih MANTAP.

Memang si hiphop juga bisa pake apache, cuma saya sampai detik sekarang juga saya tidak sedikit pun nyantol hati ini untuk bermain di apache.

Entah kenapa pula si apache ini rakus banget di ram dan cpu, beda ama si hijau nginx yang ramah resource (kebetulan ijo adalah warna paporit aing).

Untuk wodpres pribadi yang ingin banyak traffic dengan spek si dedi server / vps yang med-high, saya rekomendasikan nginx yang hiphop.

Hingga pada akhirnya projek hiphop hhvm facebook di TERMINATE, alhasil aing CLBK dan menemukan racikan nginx FPM yang ULTRA FAST seperti situs saya sendiri.

Dan tetap istiqomah memakai nginx jika ada yang ingin projekan website.

Bay de wey, ini artikel review, bukan artikel komparasi untuk ngajak berantem sesama fansboy, cheers.

Btw juga, karena dekat dengan waktu terminate si hhvm oleh pesbuk, akhirnya site yang di handle saya sendiri memiliki banyak issue, hingga ya itu, CLBK lah sama si FPM.

Kesimpulan, nginx hhvm pernah keren pada masanya.

*AFK

Andry Fadrie K

CPU : AMD Ryzen 5 1600 12Core
Mobo : Asus ROG Strix B450-F GAMING
RAM : 16GB
Storage : 12.8TB
VGA : NVIDIA GeForce GTX 1050ti
OS : KDE Neon
Kernel : 5.11.0-46

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button